Obat Tradisional Utk Asam Urat

Setelah membahas tips cara mengobati asam urat dengan obat tradisional, kali ini kita akan membahas obat tradisional untuk asam urat yang telah terbukti ampuh mengobati asam urat sampai tuntas. Pada saat ini pengobatan tradisional dengan menggunakan ramuan obat herbal menjadi pilihan banyak masyarakat. Selain karena meningkat kesadaran masyarakat pada efek samping yang di akibatkan oleh obat kimia, obat tradisional juga murah, mudah didapat dan tentunya aman tidak menimbulkan efek samping bagi tubuh kita.

Penyakit Asam Urat


obat tradisional utk asam urat

Penyakit asam urat adalah jenis paling umum dari arthitis atau radang sendi yang disebabkan oleh penumpukan atau akumulasi kristal asam urat dalam cairan sendi pergelangan kaki, lutut, pergelangan tangan atau bahkan  di siku. Kristal asam urat dianggap sebagai benda asing yang menyerang tubuh, sistem pertahan tubuh secara otamatis akan melawan pertumbuhan kristal. Hal ini menyebabkan peradangan, bengkak, kemerahan dan rasa nyeri.

Dalam kondisi normal, sekitar 70% asam urat disaring dan dikeluarkan dari tubuh oleh ginjal dalam bentuk urin dan 30% di keluarkan melalui usus bersama fases. Ketika terlalu banyak asam urat di produksi oleh hati dan atau proses pembuangan tidak berjalan dengan maksimal maka seiring waktu asam urat akan menumpuk dan akhirnya mengkristal pada persendian. 

Penyebab Asam Urat

Asam urat secara alami di produksi oleh hati dan bisa di temukan dalam aliran darah. Asam urat adalah produk akhir dari metabolisme yang disebut purin, purin proses oleh tubuh kita menjadi asam urat. Sekitar 50% asam urat berasal dari asupan makanan yang kita konsumsi, dan beberapa makanan yang diketahui mengandung purin tinggi antara lain : daging merah, jeroan, sarden, teri, hati, otak, kacang polong dan kacang-kacangan.

Kadar asam urat akan meningkat dan menjadi masalah ketika proses pembuangan tidak berjalan secara maksimal, hal ini bisa terjadi karena ginjal yang mengalami penurunan fungsi dan kemampuanya untuk membuang limbah sisa metabolisme termasuk asam urat. Peningkatan kadar asam urat juga disebabkan oleh asupan makanan yang mengandung purin tinggi secara berlebihan, selain itu ada beberapa faktor penyebab yang dapat meningkatkan resiko seseorang terkena penyakit asam urat, diantaranya :
  • Faktor Genentik
    Penyakit asam urat dapat diturunkan secara genetik, dan faktanya sekitar 20% penderita asam urat mempunyai keluarga dengan penyakit yang sama.
  • Pola Makan
    Pola makan dan gaya hidup yang tidak sehat menjadi penyebab terbesar seseorang menderita asam urat. Terutama bagi merekan yang terlalu banyak makan makanan yang mengandung purin tinggi
  • Usia dan Jenis Kelamin
    Kaum pria usia antara 30 sampai 50 tahun mempunyai resiko lebih besar terkena asam urat di banding dengan wanita, akan tetapi wanita yang telah masuk masa menopause memilki resiko yang sama dengan pria.
  • Berat badan / Obesitas
    Kelebihan berat badan dapat meningkatkan seseorang menderita asam urat, badan yang gemuk mempunyai jamlah jaringan yang lebih banyak dan memhasilkan sisa metabolisme yang lebih banyak pula.
  • Bebarapa penyakit
    Bebarapa penyakti dapat meningkatkan resiko terkena asam urat diantaranya, penyakit darah tinggi, diabetes, gagal ginjal, kelenjar tiroid yang kurang aktif (Hypothyroidism), anemia, psoriasis, liukemia dan limfoma.

Gejala Asam Urat

Gejala pertama asam urat adalah rasa sakit yang tiba-tiba dan biasanya disertai dengan pembengkakan, rasa panas dan kemerahan pada persendian. Pada beberapa orang, rasa sakit yang di timbulkan bisa sangat parah dan bisa berlangsung selama beberapa jam, beberapa hari bahkan sampai beberapa minggu. Jika serangan asam urat berlangsung lama dan berulang kali, hal ini dapat mengakibatkan kerusakan sendi secara permanen dan bisa menyebabkan kecatatan.

Biasanya beberapa gejala akan hilang setelah 10 hari, akan tetapi jika kadar asam urat dalam tubuh belum juga normal maka serangan asam urat akan kembali menyerang dengan intensitas lebih sering dan dalam waktu yang lebih lama. Kristal asam urat juga dapat terbentuk di luar sendi dan biasa disebut dengan tophi, tophi dapat ditemukan pada siku, belakang pergelangan kaki dan daun telinga.

Jika tidak mendapatkan pengobatan secara tepat, kelebihan asam urat bisa menyebabkan beberapa komplikasi, seperti :
  • Asam urat dapat menyebar ke persendian lainnya
  • Tophi bisa meradang dan dapat mengakibatkan kerusakan sendi
  • Pembentukan batu ginjal, jika pengkristalan terjadi di saluran kemih
  • Kerusakan ginjal, jika asam urat mengendap dan mengkristal pada jaringan organ ginjal
Gejala lainnya adalah menurunnya nafsu makan, deman tinggi, gelisah dan detak jantung tidak beraturan.

Obat Tradisional Untuk Asam Urat


Penyakit asam urat merupakan penyakit yang membutuhkan penanganan yang serius, seperti kita ketahui jika tidak mendapatkan penanganan yang tepat penyakit asam urat dapat mengakibatkan kecacatan. Kelebihan kadar asam urat dalam tubuh 90% di karenakan proses pembuangan kelebihan asam urat dari tubuh yang tidak maksimal, dan hanya 10 % disebabkan oleh asupan yang kita makan.

obat tradisional untuk asam urat
Penurunan fungsi ginjal dalam menyaring dan mengeluarkan kelebihan asam urat menjadi penyebab meningkatnya kadar asam urat dalam darah, oleh sebab itu hal pertama yang harus dilakukan adalah mengobati, memperbaiki dan meningkatkan fungsi ginjal agar bisa bekerja secara maksimal. Kini telah hadir obat herbal Cordyceps capsule yang berkhasiat untuk mengobati penyakit ginjal, melindungi ginjal dari kerusakan, meningkatkan dan memperbaiki fungsi ginjal yang melemah. Manfaat cordyceps capsule antara lain memberikan asupan asam amino, mengatur metabolisme protein, mengatur kalium, fosfor dan kelektrolit lain serta meningkatkan kekebalan tubuh.

Sebuah penelitian telah menemukan bahwa cordyceps dapat secara efektif menghilangkan komplek imun dalam membran filtrasi glomerulus sehingga dapat meningkatkan GFR dan memulihkan fungsi ginjal. Ketika fungsi ginjal meningkat, zat kreatinin yang tinggi, urea nitrogen dalam darah, protein dalam urin, dan asam urat dalam darah dapat dikeluarkan secara maksimal sehingga jumlahnya akan berkurang, gejala seperti pembengkakan, peradangan dapat hilang.

Selain itu obat tradisional asam urat cordyceps capsule ampuh untuk pengobatan penyakit radang kronis, MMP (metaloproteinase matriks) merupakan enzim kunci dalam degradasi matriks ekstraselular. MMP yang aktif memainkan peran sentral pada penyakit inflamasi kronis seperti asam urat, radang sendi, penyakit autoimun yang ditandai dengan hiperplasia sinovium * (lapisan sendi) dan kerusakan sendi yang progresif. MMP-1 dan MMP-3 yang diproduksi oleh sel-sel jaringan ikat (fibroblast) dalam sinovium.

Sitokin atau protein seperti IL-1β (interleukin-1beta) dan TNF-α (tumor necrosis factor-alpha), dapat mencegah kerusakan sendi akibat rematik dengan meningkatkan produksi dan aktivitas dari MMP serta protein kemokin. Dalam sebuah penelitina pada pasien radang sendi akut, peneliti menyimpulkan bahwa cordycepine yang merupakan unsur utama dari Cordyceps, merangsang produksi MMP-1, MMP-3 dan IL-1β.

Dengan kata lain, obat herbal cordyceps capsule dapat memperkuat fungsi ginjal dan mampu mencegah dan mengobati penyakit radang sendi kronis seperti asam urat. Dengan mengkonsumsi obat tradisional untuk asam urat cordyceps capsule secara teratur serta merubah pola makan dengan yang sehat, maka anda dapat terhindar dan sembuh dari penyakit asam urat.

0 Response to "Obat Tradisional Utk Asam Urat "

Posting Komentar