Cara Mengobati Asam Urat Dengan Obat Tradisional

Pada artikel ini kami akan memberikan tips Cara Mengobati Asam Urat Dengan Obat Tradisional. Seperti yang telah kita ketahui, rasa sakit yang timbulkan akibat penyakit sejuta umat ini sangat menyiksa, apalagi pada waktu malam hari dan pagi hari saat cuaca dingin.

Penyakit asam urat adalah bentuk umum dari radang persendian (arthritis), dan umunnya banyak di derita oleh kaum laki-laki setelah memasuki usia senja. Kaum wanitapun bukan tidak mungkin menderita penyakit asam urat, terutama wanita yang telah memasuki masa menopause memiliki resiko yang sama dengan kaum laki-laki.

Asam urat awal sering terjadi pada sendi yang menghubungkan jempol kaki (sendi metakarpal-phalangeal), namun dapat terjadi pada sendi lain juga. Penyakit asam urat yang tidak diobati akan mengakibatkan kerusakan pada persendian secara permanen. Oleh sebab itu kami mencoba untuk memberikan informasi cara mengobati asam urat dengan obat tradisional. Tapi sebelumnya mari kita pahami dulu tentang penyakit ini, agar Anda mendapatkan pengobatan secara tepat.

Penyakit Asam Urat

cara mengobati asam urat dengan obat tradisional
Asam urat telah dikenal sejak zaman kuno, dan merupakan salah satu penyakit tertua yang didokumentasikan. Hippocrates (ahli fisika pada jaman yunani kuno) menyebutnya "penyakit para raja" karena sangat erat hubungannya dengan gaya hidup dan pola makan. Meskipun ada hubungan dengan pola makan, ada sejumlah faktor lain yang dapat menyebabkan asam urat.

Penyakit Asam urat disebabkan karena penumpukan asam urat yang mengkristal seperti jarum pada jaringan lunak dan atau pada cairan bantalan sendi (cairan sinovial). Zat asam urat dihasilkan ketika tubuh memecah purin yang dihasilkan oleh jaringan tubuh dan dari asupan makanan yang kita makan. Pada umunnya asam urat akan larut pada aliran darah yang mengalir ke organ ginjal dan dikeluarkan dari tubuh bersama urin. Namun, jika tubuh memproduksi terlalu banyak asam urat atau jika ginjal tidak mampu mengeluarkannya, maka asam urat dapat menumpuk dalam darah. Kondisi ini disebut hyperuricemia dan dapat menyebabkan serangan asam urat.

Serangan asam urat biasanya terjadi secara tiba-tiba dan mengakibatkan rasa sakit, nyeri, kemerahan, hangat dan pembengkakan pada sendi jempol kaki. Juga pada sendi lain termasuk punggung kaki, pergelangan kaki, tumit, lutut, pergelangan tangan, jari, dan siku. Setelah sekitar 3-10 hari serangan itu biasanya akan berkurang dan mungkin kambuh lagi setelah berbulan-bulan atau bahkan bertahun-tahun. Namun seiring waktu, serangan Asam urat dapat menjadi lebih parah, berlangsung lebih lama, mempengaruhi lebih dari satu sendi, dan terjadi lebih sering.

Apa Penyebab Asam urat

Asam urat dapat menyerang siapa saja dari segala usia. Tapi laki-laki mempunyai resiko tiga kali lebih besar dibandingkan dengan wanita. Siapa pun baik pria, wanita, atau anak-anak bisa menderita asam urat, ada beberapa penyebab atau faktor risiko terkait dengan asam urat diantaranya :
  • Genetika : 20% orang dengan Asam urat juga memiliki keluarga dengan riwayat penyakit asam urat.
  • Jenis kelamin dan usia : Hal ini lebih sering terjadi pada pria dibandingkan pada wanita dan lebih sering terjadi pada orang dewasa dibandingkan pada anak-anak.
  • Berat badan : Kelebihan berat badan meningkatkan risiko asam urat karena banyaknya jaringan dalam tubuh yang rusak dan kegemukan dapat mengakibatkan kurang efesiennya metabolism tubuh serta rentan dengan menurunnya fungsi kardiovaskular. Kedua kondisi ini dapat menyebabkan peningkatan kadar asam urat.
  • Konsumsi alkohol : Mengkonsumsi terlalu banyak alkohol dapat menyebabkan hyperuricemia, karena alkohol mengganggu proses pembuangan asam urat dari tubuh.
  • Pola makan tidak sehat : Terlalu banyak makan makanan yang kaya purin dapat menyebabkan atau memperburuk penyakit asam urat.
  • Paparan timbal : Dalam beberapa kasus, paparan timah hitam dapat menyebabkan asam urat.

Faktor medis atau masalah kesehatan, diantaranya :

  • Gagal ginjal atau ketidakmampuan ginjal untuk menghilangkan produk-produk limbah dalam tubuh merupakan penyebab umum dari asam urat.
  • Tekanan Darah tinggi: Hipertensi dapat mengurangi kemampuan ginjal untuk berfungsi secara normal dan menghasilkan tingkat darah yang lrbih tinggi dari asam urat
  • Hypothyroidism (kelenjar tiroid yang kurang aktif)
  • Kondisi yang menyebabkan sel yang terlalu cepat berubah, seperti psoriasis, anemia hemolitik, atau beberapa jenis kanker dan kelainan darah tertentu, seperti leukemia atau limfoma.
  • Sindrom Kelley-Seegmiller atau sindrom Lesch-Nyhan, dua kondisi langka di mana salah satu enzim yang membantu mengontrol kadar asam urat tidak ada atau ditemukan dalam jumlah cukup.

Cara Mengobati Asam Urat Dengan Obat Tradisional

cara mengobati asam urat dengan obat tradisional
Penyakit asam urat dapat menyebar pada bagian persendian yang lain dan akhirnya dapat menyebabkan kerusakan pada sendi dan berpotensi menyebabkan kecacatan. Namun, dengan perawatan yang tepat, kebanyakan menderita asam urat bisa mengontrol kadar asam uratnya dengan merasakan gejala yang di timbulkan. Perawatan asam urat termasuk dengan mengkonsumsi obat-obatan untuk mengurangi dan mencegah serangan asam urat dan untuk membantu mencegah kerusakan pada sendi yang dapat mengakibatkan kecacatan.

Jika Anda melakukan pengobatan secara medis, dokter biasanya akan menyarankan obat-obatan kimia seperti aspirin, ibuprofen atau analgesic seprti acetaminophen yang berfungsi untuk membantu menghilangkan rasa sakit.

Cara mengobati asam urat dengan obat tradisional dapat menghilangkan rasa nyeri dengan cepat sekaligus mencegah serangan asam urat di kemudian hari dan tentunya tanpa efek samping. Berikut ini cara mengobati asam urat dengan obat tradisional yang bisa coba sendiri di rumah.
  • Ceri
    Ceri dapat membantu untuk meringankan peradangan dan rasa sakit akibat serangan asam urat serta dapat mengurangi dan menurunkan kadar asam urat. Selain itu ceri bisa mengurangi lemak tubuh, menurunkan kolesterol dan mengurangi risiko penyakit jantung serta diabetes.
  • Jus Sayuran
    Campur 100 ml jus bit, 100 ml jus ketimun dan 300 ml jus wortel. Kombinasi ini sangat efektif dalam mengurangi asam urat.
  • Kacang Prancis
    150 ml jus kacang perancis memberikan khasiat untuk mengurangi kadar asam urat dalam tubuh
  • Apel
    Makanlah 2 buah apel setiap hari, karena apel mengandung asam malat yang dapat menetralkan asam urat.
  • Pisang
    Mengkonsumsi pisang selama beberapa hari akan memberikan banyak manfaat terutama untuk pengobatan asam urat. Ambil 8-9 buah pisang setiap hari.
  • Jeruk
    Vitamin C dalam jeruk membuat jaringan ikat yang kuat sementara asam sitrat melarutkan asam urat dan membantu mengeluarkan asan urat bersama urine.
  • Jahe
    Rendam sendi yang terkena dalam campuran air dengan 1/3 cangkir bubuk jahe selama 30 menit.
  • Pandan
    Pandan mengandung beberapa jenis flavonoid yang memiliki sifat antioksidan, anti-virus, anti-alergi, anti-platelet dan anti-inflamasi. Flavonoid membantu menjaga kesehatan pembuluh darah dan jaringan ikat. Pandan berkhasiat untuk mengobati penyakit pada organ ginjal seperti batu ginjal.
  • Cordyceps
    Fungus Cordyceps telah lama digunakan untuk bahan dasar pembuatan obat herbal oleh orang china, fungus cordyceps berkhasiat untuk mencegah dan memperbaiki fungsi organ ginjal lemah, mengurangi racun atau toksin dalam ginjal, sehingga kerja ginjal dalam membuang kelebihan asam urat dapat maksimal.
Itulah beberapa cara mengobati asam urat dengan obat tradisional yang mudah di temukan di sekitar kita dan tidak memperlukan biaya yang mahal dan tentunya tidak menimbulkan efek samping. Kami merekomendasikan obat herbal yang dapat mengobati asam urat sampai tuntas, yaitu obat asam urat yang dari cordyceps. Untuk informasi lebih lanjut, klik link sumber berikut ini.

Sumber : http://obatasamuratalamiah.com

0 Response to "Cara Mengobati Asam Urat Dengan Obat Tradisional"

Posting Komentar